Hal Penting Membuat Contoh CV Kerja Baik dan Benar Tulis Tangan maupun Word

Hal Penting dalam Membuat Contoh CV Kerja Yang Baik dan Benar

Hal Penting  dalam Membuat Contoh CV Kerja – Resume dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang pencari kerja kepada perusahaan dan institusi yang menerimanya. Melihat beberapa contoh CV yang umum digunakan, ada beberapa hal yang perlu Anda sertakan dalam CV Anda.

Hal tersebut bisa dilakukan untuk keperluan perusahaan juga. Jika Anda penasaran simak terus artikel kami ini mengenai apa saja hal penting  dalam membuat Contoh CV Kerja.

Data Pribadi

Data pribadi adalah data pertama yang perlu Anda masukkan ke dalam resume pencari kerja Anda. Data yang menggambarkan informasi pribadi pencari kerja yang dibutuhkan oleh HRD perusahaan induk. Data pribadi termasuk nama Anda, tanggal lahir, usia, alamat, nomor telepon, dan nama email.

Deskripsi Diri

Bagian ini berisi hal-hal menarik bagi para pencari kerja. Saatnya mempromosikan diri Anda ke perusahaan HR yang saat ini Anda rekrut. Cobalah untuk menarik HRD perusahaan Anda dengan menjelaskan manfaat secara ringkas dan menarik. Dengan begitu, HRD mengetahui lebih banyak tentang pencari kerja itu sendiri dan dapat menjelaskan pencari kerja tersebut dengan akurat.

Sejarah Pendidikan dan Pelatihan

Sangat penting bagi pencari kerja untuk menyertakan pendidikan saat melamar pekerjaan profesi formal. Memasukkan sejarah pendidikan di SD, SMA, SMA, dan Perguruan Tinggi adalah hal yang harus kita lakukan. Penting untuk mengisi tahun masuk dan tahun kelulusan, yang dilakukan untuk menunjukkan hasil pendidikan.

Pengalaman Organisasi

Unsur berikutnya yang harus ditulis pada resume Anda adalah pengalaman organisasi yang membantu Anda melihat aktivitas pencari kerja. Ini menguntungkan lulusan baru yang tidak memiliki pengalaman kerja formal. Perusahaan HRD akan melihat pengalaman organisasi sebagai ukuran aktivitas kerja tim.

Apa Saja Hal Penting  dalam Membuat Contoh CV Kerja?

Mencantumkan pengalaman semua organisasi, yang terdiri dari judul dan nama organisasi yang Anda ikuti. Oleh karena itu, perekrut HRD dapat menemukan keterampilan pencari kerja dan memberi nilai tambah bagi mereka. Buat catatan yang jelas tentang judul pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan dalam organisasi Anda.

Kemampuan Tambahan

Juga, tuliskan keterampilan tambahan yang Anda miliki untuk mempertimbangkan penerapan HRD. Keterampilan tambahan yang sering dibutuhkan, seperti keterampilan bahasa asing dan komputer, atau keterampilan penunjang kerja.

Misalnya, melamar pekerjaan ahli diet merupakan nilai tambah untuk sertifikasi HACCP dan ISO, yang menunjukkan kemampuan memproduksi makanan dengan aman. Yang harus Anda lakukan adalah mencantumkan semua kursus dan kursus yang telah Anda ambil.

Prestasi yang Diraih Selama Ini

Ingatlah untuk memasukkan prestasi akademik dan non-akademik. Jelaskan apa hasilnya, berapa tahun, siapa yang mengaturnya, dan apa hasil non-akademiknya. Dalam hal prestasi akademik, tulis tahun dan pendidikan dimana nilai tersebut dicapai.

Pengalaman Kerja dan Referensi Perusahaan

Yang terakhir harus dimasukkan ke dalam resume Anda, mengikuti contoh resume yang ada, yaitu pengalaman kerja dan referensi dari perusahaan sebelumnya. Pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya harus menyertakan semua pengalaman kerja ini. Sebutkan jabatan, nama perusahaan, masa kerja, dan alasan pengunduran diri dari pekerjaan Anda sebelumnya.

Data tersebut didukung dengan surat referensi atau surat pengalaman kerja yang diperoleh dari perusahaan sebelumnya. Tuliskan secara lengkap semua pengalaman kerja yang telah diselesaikan. Inilah yang perlu dimasukkan dalam CV, terutama jika Anda melamar pekerjaan CV. Lihatlah contoh CV kerja yang bisa Anda temukan di artikel kami.

Baca Juga:  Lowongan 2020 Operator Produksi PT Nutrifood Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *